Thoughts

Hakim yang Bukan Hakim

Dulu, waktu Aa Gym sangat tenar (sekitar tahun 90-an akhir atau 2000-an awal) tiba-tiba terbersit dalam benak saya yang kala itu mendengar ceramah subuhnya (sambil menikmati makan pagi), “Suatu hari Aa Gym akan jatuh dan dibenci banyak orang.” Entah kenapa pula terlintas pikiran semacam itu, tiba-tiba saja ia muncul. Barangkali saya eneg dengan kecentilan jamaah… Continue reading Hakim yang Bukan Hakim

Thoughts

Jokowi dan Kesetaraan Gender

Beberapa waktu yang lalu kita mendengar kabar penunjukkan Jokowi sebagai Duta Kesetaraan Gender oleh PBB. Ada yang menyambutnya dengan gembira, dan ada yang bingung serta skeptis, kok bisa Jokowi menjadi duta kesetaraan gender. Apa PBB nggak salah? Karena penasaran, saya iseng menelusuri beritanya. Rupanya, Jokowi tidak sendiri menjadi Duta Kesetaraan Gender. Bersama dengan sembilan Kepala… Continue reading Jokowi dan Kesetaraan Gender

Resensi

Matinya Burung-Burung

Adalah seorang kawan, yang sudah saya anggap sebagai abang (Hai, Bang Hengki Rumah Kaca) yang memperkenalkan karya penulis Amerika Selatan pada saya. Buku fiksi pertama yang saya baca berjudul “Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta” karya Luis Sepulveda. Novel (atau novelet?) ini sangat singkat dan ceritanya sebenarnya sederhana. Latar belakang kehidupan yang diangkat juga sangat… Continue reading Matinya Burung-Burung

Life

Selamat Hari Kartini

Hari ini adalah salah satu hari yang akan dipenuhi dengan perdebatan. Dari zaman saya SMP sampai sekarang sudah mau osteoporosis begini, setiap tanggal 21 April, selalu ada yang berdebat tentang Hari Kartini. Dan materi ributnya itu lagi itu lagi. Sinetron Tersanjung yang sampai delapan tahun aja (eh, apa sepuluh tahun ya?) masih ada variasi (walaupun… Continue reading Selamat Hari Kartini

Thoughts

Betina Berotak Jantan

(gambar diambil dari sini) Beberapa hari yang lalu, kita dikejutkan oleh berita sembilan orang ibu dari Kendeng datang ke Jakarta dan memasung kaki mereka di depan Istana Negara. Berita mengenai hal tersebut bisa dibaca di tautan berikut (ada banyak berita tentang Kartini Kendeng dengan aksi mereka memasung kaki di dalam semen, silahkan mencari di Google).… Continue reading Betina Berotak Jantan

Thoughts

Menulislah

Tulisan ini sudah berminggu-minggu mengendap di komputer saya. Mungkin ini saatnya untuk memunculkannya di permukaan. Selamat membaca. Sabtu pekan lalu, klub buku yang saya ikuti mengadakan diskusi dengan tema perusakan lingkungan. Tulisan ini tidak akan membahas isi diskusinya, melainkan satu penggalan kecil yang terucap dalam diskusi sore itu. Ada pendapat menulis itu bukanlah sebuah bentuk… Continue reading Menulislah

Life

Menjelang 30

Waaa disuruh Ilham untuk update blog nih T_T. Katanya dalam rangka bertambahnya umur. Hahaha. Baiklah, dengan ini saya akan memulai tulisan yang berantakan (karena sudah lama tak menulis).  *celinguk kiri-kanan, mana tau ada Polisi Syariah. Kalo ada Polisi Syariah, tolong kasih aba-aba ya, biar lapaknya dibubarkan* Saya bosan menulis “banyak perubahan terjadi dalam setahun belakangan,”… Continue reading Menjelang 30