Life

Terangmu untuk Gelapku

Selalu ada “yin” untuk “yang” mu. Selalu ada “hitam” untuk “putih”mu. Selalu ada “terang” untuk “gelap”mu. Maka pelengkap kegelapan saya adalah dua orang teman yang terpisah oleh jarak tapi dekat di hati saya.

Teman #1

Menurut dia, saya adalah secercah sinar terang yang diselimuti oleh awan gelap dan pekat hingga sinar tersebut sudah tak terlihat lagi. Sementara dia adalah secercah kegelapan yang berusaha menutupi dirinya dengan sorotan lampu yang teramat terang, hingga orang lupa bahwa dia adalah gelap. Dia adalah si tenang yang santai, saya adalah si serius yang tergesa-gesa. Dia adalah si optimis, sementara saya si pesimis. Dia adalah pelawak, dan saya adalah orang yang mencibir lawakannya. Dia bagaikan anak kecil, sementara saya melesat menuju kedewasaan semu.

Teman #2

Menurut dia, saya adalah bekicot tanpa tempurungnya. Bekicot gagal yang berhalusinasi memiliki cangkang yang keras. Sedangkan menurut saya, dia seperti mercusuar. Mercusuar yang berdiri kokoh, memberi terang pada kapal yang berlayar, tapi kosong di dalamnya. Sunyi. Dia adalah si lembut hati, sementara saya adalah kebalikannya. Dia adalah si penderma, sementara saya si peminta (dan juga si kikir). Dia berhati-hati, sementara saya lebih senang berlari ke sana ke mari. Dia adalah manusia yang setia, sementara saya si egois yang mudah lupa.

———————-

Mereka adalah “terang” untuk “gelap” saya. Kehadiran kedua manusia ini dalam hidup saya yang begitu singkat, sungguhlah suatu berkat. Mungkin sengaja dihadirkan agar saya tak merasa begitu sendiri, dan mereka pun begitu. Supaya jalan yang kami lalui tidak terlalu sunyi. Supaya kami bisa bersenda gurau dan tak mengingat luka dan lelah yang kami rasakan. Dan pada akhirnya, semoga kami sampai di tujuan akhir perjalanan kami dengan rasa gembira di hati dan luka yang terobati.

Warm regards,

4 thoughts on “Terangmu untuk Gelapku

    1. Hai, salam kenal juga 🙂 Iya, saya baru menyadarinya, dan ternyata saya sangat beruntung.

      Thanks ya sudah berkunjung 😉

Leave a Reply

