Life

Terima kasih NulisBuku

Event Nulis Random 2015 yang diadakan oleh NulisBuku.com sudah berakhir kemarin. Bulan Juni rasanya menjadi bulan di mana saya banyak menulis, tapi sayangnya saya tidak bisa disiplin menulis setiap hari seperti tantangan/ajakan event tersebut. Seperti biasanya, saya ini semangat di awal saja yang besar, dalam perjalanan mengendor dan akhirnya keteteran. Kalau malas sudah datang, bukannya melawan, saya malah memberi makan pada kemalasan saya tersebut. Bukannya mengambil kertas dan mencoret-coret, atau duduk di depan laptop dan mulai mengetik (apapun), saya malah gogoleran di tempat tidur dan membaca novel. Beberapa hari saya begitu.

Tapi ada hal lain juga. Saya tidak mau menulis yang tidak perlu ditulis. Maksudnya, kalau idenya belum matang di kepala saya, saya tidak akan menulis. Untungnya tulisan-tulisan yang sudah dipost selama satu bulan terakhir ini memang ide yang sudah cukup matang. Dan untungnya tidak ada ide yang gosong dan basi di kepala karena terlalu malas untuk saya tuangkan dalam bentuk tulisan.

Event menulis random ini jadi cerminan bagaimana buruknya disiplin saya. Sesuatu yang seharusnya sudah saya perbaiki sejak bertahun silam, tapi entahlah. Saya baru bisa mendobrak kemalasan kalau ada sesuatu yang menakutkan. Misalnya, kalau saya tidak menulis, saya akan dikeluarkan dari tempat kerja/kampus. Baru saya panik dan mulai melakukan sesuatu. Kalau tidak, “nanti aja deh,” adalah ungkapan yang kerap saya katakan. Kenapa saya menjelekkan diri sendiri? karena memang sudah jelek, tidak perlu dipoles-poles. Mudah-mudahan saya menemukan formula yang tepat untuk mendisiplinkan diri sendiri.

Terima kasih banyak Nulis Buku atas eventnya 😉 *superdupertighthug*

Leave a Reply

