Life

Pernikahan Gagal

Gagal menurut KBBI adalah :

1. Tidak berhasil, tidak tercapai (maksudnya). 2. Tidak jadi.

Menurut saya, pernikahan yang gagal bukan hanya pernikahan yang berakhir di tengah jalan karena perceraian (malah mungkin saja perceraian justru lebih membawa ketenangan dan kedamaian ketimbang meneruskan pernikahan itu), bukan hanya pernikahan yang diwarnai pertengkaran setiap hari, bukan hanya pernikahan yang dihiasi perselingkuhan dan poligami.

Pernikahan yang gagal menurut saya adalah pernikahan dimana pasangan yang menjalaninya tidak bisa berubah menjadi manusia yang lebih baik. Pernikahan yang gagal adalah pernikahan dimana pasangan yang menjalaninya tidak bisa menyelesaikan akar masalah yang membuat mereka harus tersandung kerikil masalah yang sama setiap kalinya. Pernikahan yang gagal adalah pernikahan yang tidak membuat pasangan yang menjalaninya menjadi lebih bersinar, lebih bermanfaat.

Sayang sekali menikah seumur hidup, punya pasangan yang ada di samping saat susah dan senang, tapi terus saja terbentur kerikil yang sama tanpa pernah tahu mengapa selalu terbentur kerikil yang itu-itu lagi.

Advertisements

4 thoughts on “Pernikahan Gagal

  1. nice one thee…
    hal yang sama juga ada di benak gw akhir2 ini….

    soalnya ada slh satu knealan gw yg bnr2 jadi rusak hidupnya setelah nikah…i just thought WTF???!!! you’re married to be happy right???

    orang2 hrs pikir lbh panjang lagi sebelum melangkah ke jenjang pernikahan… jgn hanya punya perasaan hrs nikah krn udh kelamaan pacaran atau for some other lame reason….

    1. Atau karena paksaan orangtua, atau karena umur sudah makin tua. Pernikahan itu overrated menurut gw, krn orang2 jadi tidak berpikir ttg substansi pernikahan, yg dianggap hanya statusnya aja.

  2. Exactly thee… it’s to damn overrated….
    nikah itu buat bahagia..tapi klo logika, n keadaan realnya g bisa buat loe bahagia what for???
    terlepas dri aspek agama ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s