Life

Personal Issue

I’m getting back to school again, yaay! Yah sebenarnya bukan hal yang patut digembar-gemborkan, tapi gw kuliah lagi, ngambil program master di jurusan yang tadinya amat sangat gw benci. Yap, farmasi.

Ceritanya bagaimana?

Ceritanya adalah diawali dengan gw gagal lolos dari job interview sebuah perusahaan farmasi multinasional. Lalu saat itu memang nggak banyak lowongan kerja, jadi gw nganggur. Gw memutuskan untuk ikut tes CPNS aja di akhir tahun. Saat gw mengambil keputusan itu, gw sempat menghubungi seorang alumni yang bekerja di Kementerian Kesehatan dan bertukar kabar. Gw pengen kerja di Jakarta, bukan karena gw mencintai Jakarta *nggak mungkin!*, tapi karena kemungkinan untuk berkembang jauh lebih baik di Jakarta gw rasa.

Lalu, gw berdiskusi lah dengan orangtua. Tentu saja kalau dilihat dari kesempatan, kesempatan untuk bersaing jauh lebih sedikit. Peserta tes akan berjubel, dengan IPK yang jongkok, kemungkinan gw diterima bakalan dikit. Jadi, sebaiknya gw ikut tes di daerah aja. Kembali ke kampung halaman.

Kalau dulu, gw akan menolak mentah-mentah pulang kampung. Sekarang, kalau memang rezeki gw di sana, mau apa lagi?

Tapi, semakin lama gw pikir, semakin ogah gw segera pulang ke kampung halaman orang tua gw. Pertama, gw nggak pernah tinggal di sana sama sekali. Kedua, untuk ukuran keluarga gw aja, gw sudah sangat liberal, apalagi untuk ukuran kampung halaman orangtua gw? Gw khawatir dengan kemampuan gw beradaptasi yang cukup lama, bisa-bisa gw stress banget di sana nanti.

Jadi, gw pun mengajukan sebuah “proposal”, yang sebenarnya dulu pernah ditawarkan oleh Bapak (tapi gw menolaknya karena waktu ditawarkan, gw udah ENEG banget sekolah. Efek samping ujian apoteker), yaitu mengambil kuliah master, LALU pulang ke kampung halaman entah itu untuk menjadi CPNS atau mengajar di universitas. Ibu gw agak menolak tuh, tapi lumayan menyukai ide itu karena berarti gw akan tinggal di kampung halamannya.

Suatu hari, datanglah telepon dari teman keluarga, yang kebetulan beliau adalah apoteker, yang merangkap sebagai dosen di jurusan Kimia universitas kampung halaman orangtua gw *ribet ya*. Ternyata Universitas tersebut akan membuka jurusan farmasi, mereka butuh dosen. Dikiranya gw udah s2, jadi gw dipanggil pulang. Sayangnya gw baru apoteker doang. Nah, karena sebuah telepon ini lah akhirnya semua orang setuju gw kuliah lagi.

Sebenarnya alasan gw nggak cuma itu. Selama proses nganggur, gw beberapa kali bantu proyek dosen pembimbing gw waktu s1, yang akan menjadi dosen pembimbing gw nanti juga, nah sambilan itu, gw jadi sering diskusi sama temen-temen yang mau thesis. Gw jadi bersemangat untuk melakukan pekerjaan lab lagi, untuk thesis, untuk penelitian. Itu yang bikin gw sangat ingin kuliah lagi. Dan gw ini orangnya learning by doing, informasi akan jauh lebih tertanam di otak gw kalau gw terbiasa melakukan sesuatu yang melibatkan informasi itu. Jadi gw pikir, dengan kuliah, selain mendapatkan informasi baru, gw juga akan memanggil kembali informasi-informasi lama. And I like that!

Nah, setelah melalui proses yang panjang, dan gw terlihat sangat bersemangat, akhirnya gw resmi menjadi mahasiswa s2. Bagaimana rasanya kuliah lagi? Yah, tetep merasa bego. Takut kalau nilai gw jelek, takut nggak mampu, dan sebagainya.

Gw pernah mengungkapkan ketakutan gw di twitter. Dan senior gw, membalas begini :

keraguan itu akan sirna dengan sendirinya seperti kabut pagi ditelan hangatnya mentari

Gw takut, gw tetep maju, dan kalau gw bisa berhasil meskipun gw takut, gw hebat! Gw mau jadi orang hebat, gw akan berusaha jadi orang hebat!

Selamat kembali ke dunia pendidikan, Muthe!!

ps: ngomong-ngomong soal thesis, ada yang tau nggak tanaman yang kira-kira punya fungsi menekan sistem imun?

Leave a Reply

