Resensi

16 Lighthouse Road

Ada novelnya Debbie Macomber yang baru. Kalau temans yang suka baca novel-novel roman keluaran Harlequin, pasti tau siapa pengarang senior ini. Kali ini gw akan menulis sedikit resensi cerita dari novel 16 Lighthouse Road . Tidak seperti novel pada umumnya yang menceritakan satu tokoh utama saja, di novel ini ada beberapa kisah yang diceritakan secara bersamaan. Kisah-kisah ini semuanya berlokasi pada kota kecil Cedar Cove. Ada Ian dan Cecilia Randall yang pernikahannya hampir saja berakhir, bahkan telah mengajukan perceraian namun ditolak permohonannya oleh hakim Olivia Lockhart. Lalu cerita tentang Olivia Lockhart sendiri bersama dengan Jack Griffin, editor yang baru dari koran lokal. Juga ada Justine Lockhart, serta Grace Sherman.

Setiap cerita meskipun diceritakan secara bergantian, tidak membuat pembaca menjadi pusing, karena perpindahan alurnya sangat rapi sekali. Masing-masing cerita memiliki sisi yang menyentuh yang khas. Kisah Ian dan Cecilia misalnya, pasangan suami istri muda ini berjuang dalam pernikahan mereka yang hampir hancur karena bayi mereka, Allison Marie meninggal dunia saat dilahirkan. Cecilia yang sangat terpukul karena kejadian itu, Ian yang menyesali dirinya sendiri karena pada saat anaknya lahir dan dimakamkan, ia sedang dinas di kapal selam Angkatan Laut AS. Kejadian demi kejadian dalam hidup mereka bisa membuat kita tertawa atau menitikkan air mata terharu.

Olivia Lockhart dan Jack Griffin, yang masing-masing sudah terlalu lama melajang dan memulai kisah cinta mereka dari titik nol. Dari pertemanan biasa hingga saling mengakui rasa suka, dengan seluruh ritme naik-turun dalam masa kencan mereka.

Justine Lockhart yang berkeras tidak akan menikah dan punya anak, akibat traumanya di masa lalu, memilih berkencan dengan pria yang usianya jauh lebih tua. Hingga suatu hari ia bertemu Seth Gunderson, temannya semasa SMA dulu yang mengaku naksir pada Justine.

Grace Sherman yang setelah 35 tahun menikah, harus menghadapi tingkah laku suaminya yang semakin aneh.

Cerita-cerita di novel ini benar-benar menyentuh. Tentu saja, semuanya dikemas dengan gaya khas Debbie Macomber, menyentuh dan manis. Secara pribadi, biasanya gw paling enggan baca cerita emak-emak usia 50 tahun yang jatuh cinta lagi. Please lah, gw masih darah muda, masa baca cerita cinta emak-emak. Kan jadi kebayang emak sendiri jatuh cinta *wkwkwk*. Tapi, keengganan gw ternyata dibayar dengan sangat baik oleh novel ini. Meskipun emak-emak, tetap aja kisahnya menarik untuk dibaca, bahkan beberapa kali gw menitikkan air mata. Salah satu pesan yang gw ambil dari novel ini adalah, nggak ada kata terlambat untuk memulai apapun dalam hidup ini , baik untuk hal-hal yang baru akan dimulai, atau hal-hal yang akan mulai kita perbaiki.

Akhir postingan :p, kalian yang menisbahkan diri menyukai sepenuh hati dan jiwa terhadap cerita-cerita romantis, HARUS baca novel ini. Dan novel lanjutannya juga, soalnya dalam serial Cedar Cove ini, ada 4 novel lain yang mengikuti 16 Lighthouse Road.

Your day may be suck, thus make it better by reading romance novel 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s