Resensi

Secret Garden

Here’s another synopsis of one novel I’ve just already read. Judul novel yang gw baca adalah Secret Garden karangan Frances Hodgson Burnett. Novel ini menceritakan tentang seorang anak perempuan berusi 10 tahun, Mary Lennox, yang manja dan pemarah. Mary datang dari India untuk tinggal di rumah pamannya, Mr. Archibald Craven, karena kedua orangtua Mary meninggal akibat wabah kolera.

Di Misselthwaite Manor *kediaman Mr. Craven*, Mary kemudian menemukan hal-hal baru yang membuat dirinya menjadi gadis yang lebih menyenangkan. Dimulai ketika ia berjalan-jalan di taman, dan berjumpa dengan seekor burung robin merah yang sangat ramah. Kemudian, ia menemukan sebuah taman rahasia, yang telah 10 tahun ditutup oleh pamannya. Rasa penasarannya membuat ia bertekad untuk bisa menemuka cara agar bisa masuk ke dalam taman itu.

Akhirnya ia bisa menemukan taman yang luar biasa itu, lalu dia bertekad untuk mengurus taman tersebut. Saat itu dia juga bertemu dengan Dickon, adik salah seorang pengurus rumah, yang memiliki kelebihan dapat “bicara” dengan binatang, juga memiliki kemampuan luar biasa dalam mengurus tanaman. Bersama dengan Dickon, ia mulai mengurus taman, dan menanam bibit-bibit baru. Tanpa ia sadari, selama ia mengurus taman, kepribadiannya lambat laun mulai berubah menjadi jauh lebih menyenangkan. Ia menjadi lebih seperti anak gadis pada umumnya.

Pada suatu hari, Mary mendegar suara tangisan dari salah satu ruangan di rumah. Ia bertekad mencari tahu, siapakah yang menangis tersebut. Hingga pada suatu malam, ia berjumpa dengan sepupunya sendiri, Colin Craven. Colin bersikeras bahwa di punggungnya terdapat daging yang menggumpal, dan ia akan meninggal dunia tak lama lagi. Padahal, tidak ada daging apapun yang tumbuh, yang ada hanya tulang-tulangnya saja yang menonjol. Colin juga tumbuh menjadi anak yang menyebalkan dan manja, yang membuat semua orang menderita bila ada di dekatnya.

Perkenalannya dengan Mary, lalu tak lama kemudian dengan Dickon, perlahan membuatnya menjadi anak yang lebih positif. Ketiga anak ini, memulai petualangan mereka sendiri di Taman Rahasia yang memberikan pengaruh baik pada fisik dan kepribadian mereka.

Novel ini adalah novel yang sangat bagus. Gw selalu suka novel-novel yang menceritakan tentang anak-anak, karena banyak pelajaran yang bisa diambil. Beberapa hal yang gw pelajari dari novel ini antara lain :

1. Kalau kita selalu berusaha berpikir positif *setidaknya tentang diri kita sendiri*, hal-hal yang positif akan terjadi pada diri kita.

2. Saat kita melakukan sesuatu dengan ikhlas, sungguh-sungguh, pasti hal terbaik yang akan kita dapatkan.

3. Kegiatan yang paling baik untuk anak-anak adalah kegiatan di luar rumah, dimana si anak bisa menghirup udara segar dan bereksplorasi.

4. Seringkali, kita terjebak dalam pikiran buruk yang kita ciptakan sendiri. So get away with it!

Apalagi ya, banyak sebenernya. Intinya gw suka banget dengan proses yang terjadi terhadap Mary dan Colin di buku ini, yang mengubah mereka dari anak yang menyebalkan menjadi anak yang menyenangkan. Dan luar biasanya lagi, mereka sendiri lah yang merubah diri mereka, bukan orang lain. F.H.Burnett menegaskan melalui novel ini, bahwa perubahan yang berlangsung lama adalah perubahan yang dilakukan oleh diri sendiri, dan dilakukan melalui proses, bukan instant.

Anyhow, gw nggak akan hanya menyarankan kalian membaca buku ini, tapi kalian HARUS baca buku ini. It’s great book,guys!

Advertisements

One thought on “Secret Garden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s