Resensi

Blue-Eyed Devil

Halooo…gw kembali dengan resensi novel lagi. Kali ini masih novel bergenre roman *sebenernya harusnya membuat resensi novel anak-anak, tapi belum tamat-tamat, damn it! :P* Novel yang gw resensi kali ini adalah novel roman kontemporer karangan Lisa Kleypas yang berjudul Blue-Eyed Devil

Novel Blue-Eyed Devil menceritakan kisah si bungsu dalam klan Travis, Haven Marie Travis. Haven digambarkan sebagai perempuan yang dari kecil bersifat tomboy, dan sangat suka melakukan pemberontakan terhadap kedua orangtuanya. Haven juga merasa tidak dicintai dan diperhatikan oleh sang Ayah, yang merupakan multimiliuner asal Texas. Pada pernikahan Abangnya, Cage Travis, ia dan kekasihnya berencana memberitahu sang ayah bahwa mereka akan menikah. Ayahnya tak setuju, karena menurutnya, kekasih Haven, Nick Tanner adalah penjilat dan hanya mengincar uang Haven. Tapi Haven tetap bergeming.

Haven kemudian menikah dengan Nick, dan menjalani hidup dengan Nick di Dallas. Pernikahan yang awalnya bersifat manis, kemudian berubah menjadi mimpi buruk bagi Haven. Nick mulai memanggilnya dengan nama “Marie”, karena menurutnya nama Haven itu terdengar konyol. Nick sering marah-marah dan memerintah Haven, sering melecehkan dan merendahkan, juga sering mencari kesalahan-kesalahan kecil istrinya itu. Puncak mimpi buruk rumah tangga Haven adalah ketika sang suami mulai memukulnya hanya karena kesalahan yang sebenarnya tidak ada sama sekali. Lalu Haven disuruh berhenti bekerja, yang semakin membuat Haven tersiksa.

Hingga suatu hari, Nick benar-benar menyiksa Haven, dan Haven memutuskan untuk kabur, pulang ke Houston, kota asalnya. Di sana , dibantu oleh Cage, ia mulai menata kembali hidupnya. Mengikuti sesi-sesi terapi, bahkan mulai bekerja kembali di perusahaan Jack Travis, Abang keduanya. Saat itu pula ia kembali bertemu dengan Hardy Cates, jutawan yang juga jadi musuh keluarganya karena sempat berusaha menghancurkan bisnis Cage, dan Hardy sendiri adalah pria yang dulu ditaksir habis-habisan oleh Liberty, istri Cage.

Haven pernah bertemu Hardy satu kali, pada saat resepsi pernikahan Cage. Saat itu ia merasakan sedikit getaran-getaran dalam hatinya. Kini, saat bertemu kembali, getaran-getaran itu ternyata muncul kembali. Hardy ternyata menyukai Haven, dan ingin menjadikan Haven sebagai miliknya, namun ia harus berjuang mengalahkan trauma-trauma yang Haven alami akibat pernikahan sebelumnya. Berhasilkah Hardy mengambil hati Haven? Siapkah Haven menjalin hubungan dengan pria yang sangat maskulin dan ambisius seperti Hardy? Please, read the book..it’s fascinating

To be honest, ini adalah novel dari serial Travis yang sangat gw suka. Kenapa? Karena di novel ini dijelaskan tentang suatu kelainan psikologis yang bernama “Narcisstic Personality Disorder” (NPD) atau klo gw menyebutnya Possessive-Abbusive. Lisa Kleypas juga mengajak kita, melalui tokoh Haven, untuk tidak terjebak dalam hubungan yang seperti itu, dan mengenali ciri-ciri seseorang yang mengidap NPD. NPD tidak hanya diidap oleh seorang laki-laki, tapi perempuan juga bisa. Blue-Eyed Devil mengajak kita untuk lebih berhati-hati dalam memilih pasangan hidup, dan mengajak kita untuk membangun kekuatan dalam diri kita sendiri agar bila kita sampai bertemu dengan orang-orang NPD, kita bisa melepas dari jeratan mereka.

Salah satu pesan novel ini yang patut digaris bawahi adalah, nggak ada satu orang pun yang berhak merendahkan orang lain, baik dalam fisik maupun secara verbal. And don’t be afraid to ask for a help!

Akhirnya, untuk temans yang menyukai roman novel, novel ini patut dijadikan salah satu koleksi, atau setidaknya patut dimasukkan ke dalam daftar bacaan yang harus dibaca sesegera mungkin 😛 Novel ini cocok untuk dijadikan hadiah bagi pasangan/sahabat/saudara atau bagi mereka yang sedang dalam masa pemulihan akibat terlibat hubungan dengan orang-orang NPD, ATAU mereka yang masih menjalani hubungan dengan orang NPD.

PS : gw pernah posting di blog tentang pria-pria possessive-abbussive.. silahkan baca di artikel ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s