Life

Selamat Jalan Ibu Ainun

Waktu gw mendengar kabar bahwa Ibu Ainun meninggal dunia, gw bahkan tidak berhenti untuk merasa terkejut. Saat itu gw Cuma berpikir, “Oh, istrinya Pak Habibie meninggal, kalo nggak salah emang udah lama menderita sakit yang parah.” Bahkan waktu salah satu stasiun televisi menayangkan biografi Ibu Ainun *entah benar-benar tayangan selama 30 menit atau 1 jam penuh, entah Cuma selintas, karena gw emang amat jarang nonton tv*, gw nggak liat dan nggak peduli untuk melihatnya.

Tadi, waktu gw nganter Ibu gw ke klinik dan menunggu disana, gw melihat prosesi pemakaman Ibu Ainun. Pada saat itu pula, entah datang darimana, tiba-tiba gw sangat sedih dan ingin menangis. Merasa kehilangan yang amat sangat besar. Jujur saja, gw bahkan nggak tau kiprah Ibu Ainun, apa saja yang beliau sudah lakukan. Yang gw tahu, beliau sangat setia mendampingi sang suami, dan selalu bersikap kharismatik. Yang gw tahu, beliau adalah lulusan dari SMP yang sama dengan gw. Yang gw tahu dari guru-guru SMP gw dulu, beliau dan suami sudah dekat sejak SMP *kata temen gw malah dari kecil banget, karena rumah mereka deketan*, dimana Pak Habibie waktu itu sekolah di smp tetangga sebelah smp kami 😉 Yang gw tahu, rasanya gw pernah mendengar Pak Habibie bilang : Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita di belakangnya; begitu pula di balik kesuksesan seorang wanita, pasti ada pria di belakangnya. Ungkapan itu rasanya beliau ucapkan saat diwawancara mengenai kesuksesan beliau dan beliau sangat bangga pada Ibu Ainun. Bahkan tadi gw membaca twit seorang teman yang mere-tweet twit temannya… Pak Habibie bilang : saya dilahirkan untuk Ainun, begitu pula Ainun, dilahirkan untuk saya. Selama ini Cuma itu yang gw tahu, Ibu Ainun selalu mendukung Pak Habibie dalam setiap langkahnya, dan mereka adalah pasangan yang paling romantis yang pernah gw lihat.

Gw bukan anak muda bangsa yang baik. Tapi gw sangat sedih saat baru menyadari bahwa kita sudah kehilangan satu orang besar lainnya.

Selamat jalan Ibu Ainun. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah.

Leave a Reply

