Life

The Answer

Semalam gw baca postingan plurk seorang teman, isinya begini :

Terinspirasi lagu Lentera Jiwa-Nugie. Tapi masih ada ombak besar yang harus dilewatin dulu.

Mendadak gw teringat sama apa yang terjadi pada diri gw. Gw sendiri belum pernah denger lagu lengkapnya Nugie yang ini, tapi gw pernah nonton acara Kick Andy yang episodenya membahas tentang Lentera Jiwa. Tentang mereka yang bisa bekerja sesuai dengan keinginan hati mereka, meskipun basic knowledge mereka sangat berbeda dari pekerjaan yang mereka lakukan.

Gw inget, waktu itu gw meneteskan air mata *yang segera gw hapus, karena sok tegar* karena sampai saat gw nonton acara itu *dan nyaris setahun setelahnya* gw masih belum menemukan apa yang ingin gw lakukan dalam hidup gw. Padahal waktu itu gw sudah tingkat akhir kuliah, tapi gw masih depresi dan nggak sreg terpenjara di dunia kefarmasian.

Gw inget banget gimana rasanya putus asa karena nggak tau mau kemana, nggak merasa bisa apa-apa. Udah mah IPK kecil, merasa nggak punya kompetensi apa-apa, yang hobi dilakukan cuma bersenang-senang dan baca novel, dan celakanya nggak boleh pindah jalur karir sama sekali!*Tadinya mikir, entah jadi guru TK, entah buka taman bacaan, tapi langsung NGGAK BOLEH!*

Depresi…depresi…depresi

Tapi, dalam hati, saat banjir air mata, atau saat berusaha sekuat tenaga nggak menangis, gw percaya satu hal.

Suatu hari nanti, gw akan menemukan semua jawaban atas pertanyaan dalam hidup gw. Gw akan menemukan jalan hidup gw, karir dimana gw akan berguna dan merasa bahagia.

Gw selalu bilang dalam hati, setiap kali gw bingung :Β  Suatu saat, pasti akan ketemu jawabannya!

Akhirnya, ketemulah jawabannya. Enam bulan setelah menjalani masa kuliah apoteker. 5 tahun setelah bersekolah di jurusan farmasi. Memasuki semester 2 pendidikan apoteker, barulah gw tau gw mau kemana. Dan tujuannya sejelas papan penunjuk jalan yang baru aja dipasang. Masih cling cling.Gw akan menjadi Apoteker Pelayanan Informasi Obat. Gw akan berkarir di apotek atau di rumah sakit. Pokoknya di bidang klinis.

Tujuannya sekarang sudah jelas, jawabannya sekarang udah ketemu satu. Tinggal melewati berbagai tahap untuk melakukannya dengan baik! Harus bisa, karena gw yakin gw bisa!! Untungnya ternyata jalan karir yang ditunjukkan hati gw adalah yang sesuai dengan basic knowledge yang gw ambil. Meskipun jawabannya ternyata jauh menyimpang, pasti akan ada jalan bagi gw untuk melakukan apa yang seharusnya gw lakukan itu.

Yah, akhirnya semalam saat berbalas-balasan posting plurk dengan teman, gw cuma bilang sama mereka gini, “Yang penting di dalam hati kalian percaya kalian akan menemukan lentera jiwa kalian! Percaya kalian akan menemukan jawabannya!”

Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, tapi gw yakin, sebelum gw mati, jawaban-jawaban itu akan berdatangan dengan sendirinya πŸ˜‰

2 thoughts on “The Answer

  1. selamat…anda sudah melewati satu tahap dalam pencapaian cita-cita: menemukan yang diinginkan πŸ˜€
    semangat muthew…pasti bisa kok πŸ˜‰

Leave a Reply

