Life

Tereksitasi

p2040013

Funny things about friendship… it’s just the same as electron’s orbital. Let me explain. Elektron akan menduduki orbital dengan tingkat energi yang stabil. Suatu ketika, elektron-elektron ini bisa saja tereksitasi ke tingkat energi yang lebih tinggi, TAPI, keadaan ini nggak akan berlangsung selamanya, hanya berlangsung sementara saja. Kenapa? Jawabannya mudah, karena semua hal di dunia ini menyukai keadaan yang stabil. Dan tereksitasi itu, tidak stabil. Jadi, nggak ada satu benda pun yang menyukai berada lama-lama di tempat yang nggak stabil.

Ternyata, begitu juga interaksi manusia satu dengan yang lainnya. Begitu juga konsep pertemanan, yang tentu saja mengikuti aturan ilmiah. Stabil. Kita cenderung berteman dengan orang-orang yang tingkat energinya sama dengan kita, entah itu dalam hal materi atau non materi. Pada suatu ketika, kita akan ‘tereksitasi’ keluar dari orbital keseharian yang kita jalani dan pindah ke tingkat energi yang lebih tinggi. Tapi, pada dasarnya orbital itu bukanlah milik kita, kita nggak akan nyaman dengan keadaan seperti itu, dan kembali lagi ke tingkat energi yang biasa kita duduki.

Dan, kalau kita memaksakan diri untuk tetap berada pada tingkat energi yang lebih tinggi itu, yang nggak sesuai dengan kedudukan kita seharusnya, kita nggak akan bertahan lama, karena cepat atau lambat, kita akan didepak kembali ke posisi kita yang seharusnya.

It’s simple, yet not that simple. Because we’re talking about humans, their motives, desires, and all complex things. Banyak orang yang keukeuh berada dalam keadaan tereksitasi hanya agar dipandang lebih oleh orang lain, mungkin karena dia ingin mencari kedudukan. Mungkin juga karena gengsi dan sebagainya. Electron, yes simple. Human? Naah, not really. But one lesson that I learned during my college time is : nature teaches us all things in life.

Advertisements

3 thoughts on “Tereksitasi

  1. Apakah seperti ini yang dinamakan hukum ketertarikan?
    Law of Attraction?

    *laila : waduh, kurang tahu juga ya, meski tahu tentang law of attraction, tapi masih gak begitu mengerti mekanisme sebenarnya seperti apa, dan juga gak bisa mengkategorikan mana yang masuk kesana…*

  2. itu fotonya siapa laila? yg sedang tereksitasi yg mana? hehe

    *laila : gak tau itu fotonya siapa, pas lagi ada yang ngumpul tak foto aja. ceritanya mereka itu lagi berada di tingkat energi yang sama…yang tereksitasi kagak ada di gambar :d*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s