Life · Thoughts

Protokoler

Kalau ditanya enakan jadi protokoler pas wisudaan atau pas PMB, mungkin sebagian besar temen-temen protokoler bakalan ngejawab kalo lebih enak tugas di PMB. Kenapa? Karena “sedikit” lebih mudah mengatur anak-anak baru yang, to be honest, agak-agak bandel itu. Soalnya, kalo sama anak baru, kalo mereka agak susah diatur, bentak aja sedikit. Coba kalo sama wisudawan?! Kita bentak malah dibentak balik dan bisa-bisa malah jadi berantem! Huah…, biasa tuh para wisudawan, suka ngerasa jadi raja/ratu sehari. padahal mereka nggak ngerti, gimana ribetnya para petugas protokol. Bukannya kami sok galak dan sok ngatur, habis kalo nggak diatur, acaranya jadi rese.

Senangnya menjadi protokoler adalah, lumayan makmur kalo udah soal makanan. Hehehehe, habisnya baru pagi bertugas paling nggak udah ada snack *syukur2 kalo ada sarapan kayak tadi pas PMB*. Terus setelah tugas, sudah ada makan siang beraneka ragam yang menanti. Nyem nyem…enak sekaleee!

Sedihnya adalah kalo ngerasa tugas nggak maksimal sehingga ada kemungkinan orang akan komplain. Kalo misalnya ada konflik-konflik yang agak menegangkan urat syaraf, sementara kita harus tetep senyum dan ramah *kecuali ke mahasiswa baru, kalo rese emang kudu digalakin*. Pengalaman pas wisuda Juli kemaren *yang jumlah wisudawannya terbanyak sepanjang sejarah wisuda ITB*, sering banget diomelin sama orangtua, apalagi mereka yang akhirnya nggak bisa duduk di dalam auditorium. Wuih, mesti sedikit ngebudekin telinga dan ngerasin hati supaya nggak ikut “panas” juga.

Tapi, banyak pelajaran yang bisa diambil. Belajar tegas, belajar menahan diri, belajar lebih ramah, belajar disiplin, dan belajar bertenggang rasa dan bekerja sama dengan teman-teman satu tim *baik dengan temen-temen keamanan dari MENWA*.

Gw rasa dengan menjadi bagian tim protokol, gw jadi lebih kaya pengalaman. Sekaligus sedikit mengembalikan diri gw pada daerah yang dulu senang sekali gw geluti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s