Resensi · Thoughts

Monster Inc.

Guys, tau film animasi keluaran tahun 2001 ini nggak? Ini adalah salah satu film animasi buatan Disney dan Pixar dan menurut gw..again kerja sama mereka membuahkan hasil yang bener-bener menakjubkan! Ceritanya kali ini tentang sebuah kota bernama monstropolis yang tentu saja dihuni para monster. Untuk memenuhi kebutuhan energi di kota itu, mereka membutuhkan jeritan anak-anak manusia, sama kayak kita butuh bahan bakar minyak. Bagaimana mereka mendapatkan jeritan anak-anak manusia tersebut? Caranya adalah dengan menakuti anak-anak setiap malam *ukuran waktu di dunia manusia tentunya* dengan portal penghubunganya adalah pintu lemari yang tertanam di dinding, atau kita menyebutnya dengan kloset *herannya, kenapa kloset di Indonesia identik dengan toilet ya?*.

Perusahaan yang bergerak di bidang ini bernama Monster Inc, dengan salah satu pegawai terbaiknya adalah James “Sulley” Sullivan dengan manager/asistennya adalah Mike Wazowski. Suatu hari, ketika hendak mengerjakan laporan Mike, karena Mike berkencan dengan pacarnya Celia, Sulley menemukan ada satu pintu yang masih tertinggal di ruang kerja para monster. Kemudian dia melihat ke balik pintu, dan ternyata tidak ada anak yang tidur disana. Begitu Sulley menutup pintu, ternyata seorang anak kecil sudah ada di belakangnya dan memainkan ekornya Sulley. Sulley tentu saja ketakutan karena kehadiran anak itu, di Monstropolis, anak manusia dianggap makhluk yang menakutkan yang akan memberi kontaminasi dan membawa kuman dan bias memusnahkan bangsa monster.

Tapi, akhirnya Sulley malah berteman dengan Boo dan mereka bertiga *bersama Mike* mengungkap skandal kecurangan monster curang bernama Randall dan pemilik perusahaan mereka, yang ingin menculik anak-anak manusia dan menghisap jeritan mereka dengan sebuah alat penghisap jeritan. Di akhir cerita, Randall masuk ke dunia manusia dan tidak pernah bisa kembali, sementara pemilik perusahaan, Mr. Waternoose ditangkap oleh CDA *Child Detecting Agent* yang ternyata dpimpin oleh Roz, yang menjadi mata-mata di Monster Inc. selama 2, 5 tahun dan menyamar sebagai pegawai administrasi laporan. Lalu bagaimana Monstropolis mendapatkan pasokan energinya? Sejak kebersamaan dengan Boo, Sulley jadi mengetahui bahwa energi tertawa dari anak-anak jumlahnya jauh lebih banyak disbanding energi yang diperoleh dari jeritan mereka. Jadi, Monster Inc. menjalankan misi baru dalam mendapatkan energi, yaitu dengan membuat anak-anak tertawa. Sementara itu Sulley tidak bisa lagi bertemu dengan Boo, karena pintu lemari klosetny dihancurkan, namun Mike yang mengetahui kalau Sulley sangat sayang dengan Boo, mengumpulkan serpihan-serpihan kayunya dan menyatukan kembali pintu itu. Akhirnya, Sulley bisa bertemu dan bermain lagi dengan Boo.

What I’ve got from this film?

1. Sesuatu yang kita takutkan, belum tentu benar-benar menakutkan dan jahat.

2. Bahkan pemimpin pun bisa salah, karena itu butuh system untuk melakukan pengawasan.

3. Kita tidak bisa terus-terusan takut pada apa yang membuat kita takut selama ini. Kita mesti bangkit dan melawan ketakutan itu.

4. Tertawa itu jauh lebih baik.

5. Sikap positif itu sangat penting. Sangat keliatan ketika Mike melihat tayangan iklan di TV dan sampul majalah dimana wajahnya pasti selalu tertutup sesuatu. Namun, dia tetap senang karena tidak peduli wajahnya tertutup, dia tetep masuk TV dan terpampang di sampul majalah.

6. Teman sejati selalu membantu kita bahkan saat kita kesulitan.

7. Orang yang sirik dan serakah nggak akan pernah bener-bener sukses!

Mmm..kira-kira seperti itulah yang gw tangkap dari film animasi yang keren ini. Huff…very-very refreshing banget. Dan gw bersyukur udah bisa nonton film animasi ini. Tokoh yang paling gw sukai selain Mike Wazowski yang jelas adalah BOO!!!! Gw suka banget dengan gaya anak kecil itu, ahhhh gw suka anak kecil, kyaaaa……

Yang belum nonton film ini, segera cari dvd di toko skitar dan beli lalu tonton!!! It’s great to watch this movie guys!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s