Life · Thoughts

Plan A-B-C-…

Aloha..aloha..hakuna matata!! Yiiihhaaa….ok. ok..I know you would be so happy to call me crazy! Yes I am. Jadi, udah beberapa hari ini gw mikirin soal karir gw. Iya, iya, gw hanya mahasiswa sok iye yang mikirin soal karir padahal IPK gw jelas-jelas dibawah 3 dan gw nggak akan lulus Juli nanti. Tapi, nggak ada salahnya kan memikirkan kembali soal karir??

Let’s start with jaman dahulu kala, waktu gw masih anti hubungan dengan lawan jenis, gw berpikir bahwa gw akan menjadi wanita karir yang kerja dari jam 8 a.m sampai 5 p.m, kalau perlu lebur segala! Kerja dimanapun deh, pokoknya habiskan banyak waktu di tempat kerja, pulang ke rumah/kosan hanya untuk baca novel, nonton TV, atau tidur. Tapi, ternyata dibalik rencana itu, gw masih menyimpan harapan, seandainya gw berkeluarga kelak, gw akan langsung hengkang dari dunia pekerjaan dan mengurus anak serta suami. Iyalah, gw kan nggak bisa multitasking kayak Mama. Mau jadi apa keluarga gw kalo gw tinggal kerja?? Nggak gw tinggal kerja aja kayaknya gw udah semaput ngurusin rumah. Ya nggak?!

Kemudian, gw berpikir, apa gw jadi dosen aja? Dosen kan fleksibel jam ngajar dan sebagainya. Tapi, gw pengen jadi dosen yang mengembangkan research. Tau sendiri, research itu butuh waktu dan konsentrasi tinggi. Ya nggak? Tapi, ide ini nggak langsung menguap kayak uap air mendidih, tapi terendapkan untuk sementara. Lalu, gw berpikir apa yang akan gw lakukan kalau gw berkeluarga *ini sebelum gw jadian loh ya!*.

TRINGGG

Muncullah ide untuk kerja di apotek dan buka tempat penitipan anak atau play group. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya, sekalian emang ngurus anak, tapi bisa dapet pemasukan juga, dan anak gw bisa maen-maen sama yang sebaya dia. Ya nggak? Ide ini juga nggak langsung menguap, mengendap dulu.

Sekarang setelah gw emang punya acuan yang akan gw capai, ide untuk jadi dosen dan peneliti itu menguap. Kenapa? gw pikir-pikir, kalau gw nikah, terus jadi dosen, terus ada proyekan, yang ngurus anak gw siapa? Gw kan nggak mau anak gw dirawat sama neneknya, apalagi sama asisten *alias pembantu atau baby sitter*. Gw lebih suka merawat anak sendiri. Lah kalau gw jadi dosen? Masa anak gw baru 3 bulan udah gw tinggal?? Ok, mungkin ibu-ibu lain yang udah jadi dosen bisa ngelakuin itu, tapi gw? Duh, sama sekali nggak bisa. Mikirnya aja udah miris gw.

Berarti ya tinggal itu, kerja di tempat penitipan anak dan suatu saat buka tempat penitipan anak. Sekalian ngejaga anak, main-main sama anak kecil lainnya *gw kan suka ama anak kecil, kyaaaaa….*, bisa dapet penghasilan juga meski gw tau nggak gede-gede amat. Yang penting have fun.

Ada satu profesi yang gw pengeeeennn banget dari kapan taun tapi entahlah, gw nggak begitu yakin. Gw pengen jadi penyiar radio, dan gw nggak muluk-muluk. Nggak usah radio anak remaja, eksmud, atau radio yang populer. Radio biasa-biasa aja, pengeeeennn banget. tapi pengalaman ngeMC gw baru beberapa kali, pengetahuan musik gw juga nggak bagus-bagus amat. Ndak tau deh, kita liat taun depan aja, atau dua tahun lagi. Kalau di protokoler gw dapet kesempatan jadi MC, gw mungkin akan berani ngelamar ke salah satu stasiun radio yang emang udah gw incer.

Nyem, untunglah gw nggak begitu stuck di salah satu profesi. Yang gw pikir Cuma apakah gw akan berkeluarga atau tidak. Kalau gw nggak berkeluarga, waktu dan tenaga gw akan gw curahkan untuk kerja. Kalau gw berkeluarga, gw akan curahkan untuk keluarga, tapi gw nggak akan lupa bahwa gw juga butuh bersosialisasi *dalam artian bukan bergosip dengan ibu-ibu yaaa* dan aktualisasi diri.

Sejauh ini, rencana-rencana ini baru bisa gw bilang sama temen-temen terdeket gw dan Akhmad. Sama orangtua belum bener-bener bisa terbuka, khawatir mereka shock terus gw dilempar ke Afrika…. 😥

Leave a Reply

